AMLODIPINE BESYLATE OBAT APA , DOSIS, HARGA, ATURAN MINUM

 Amlodipine besylate 5mg dan 10 mg  Adalah obat yang digunakan untuk pengobatan hipertensi dan dapat juga digunakan sebagai terapi tunggal untuk mengontrol tekanan darah pada sebagian besar orang.

selain digunakan dalam dosis tunggal amlodipin juga bisa digunakan dalam kombinasi dengan obat golongan diuretik thiazid, Ace inhibitor dan bisa juga digunakan pengobatan iskemia miokard dan angina.

Farmakologi:

Amlodipin merupakan golongan antagonis kalsium bekerja menghambat masuknya kalsium melalui membran ke dalam sel otot polos vascular dan sel otot jantung sehingga mempengaruhi kontraksi otot polos vaskuler dan otot jantung. Mekanisme ini terjadi karena pada otot polos pembuluh darah. 

mekanisme yang tepat bagaimana bro Didin mengurangi angina belum sepenuhnya diketahui namun amlodipin dapat mengurangi beban iskemik total dengan 2 aksi berikut:

Amlodipin melebarkan arteri periferdan dengan demikian dapat menurunkan resistensi perifer total terhadap jantung yang berkerja. karena denyut jantung tetap stabil pengurangan beban jantung akan menyebabkan penurunan kebutuhan oksigen miokardinal serta kebutuhan energi mekanisme kerja dari amlodipin juga memungkinkan menyebabkan dilatasi arteri koroner utama dan arteri koroner baik pada oksigenisasi normal maupun keadaan iskemik.

Farmakokinetik: 

absorpsi amlodipin setelah pemberian oral dosis terapi amlodipin terserap dengan baik pada kadar puncak antara 6 sampai 12 jam setelah pemberian.

biotransformasi atau eliminasi: paruh waktu eliminasi terminal plasma adalah sekitar 35 sampai 50 jam dan konsisten dengan dosis sekali sehari. kadar plasma stabil dicapai setelah 7 sampai 8 hari dari pemberian dosis berturut-turut amlodipin secara ekstensif dimetabolisme oleh hati menjadi 10% metabolik tidak aktif pada senyawa pasien dan 60% metabolit diekskresi dalam urine.

Dosis: kondisi hipertensi

dosis awal yang dianjurkan dalam mengonsumsi amlodipin adalah 5 MG 1 kali sehari dapat ditingkatkan sampai dosis maksimum 10 mg tergantung pada respon individu pasien dan tingkat keparahan penyakit.

pada pasien bertubuh kecil atau usia lanjut kelainan fungsi hati yang dianjurkan pada dosis terapi awal amlodipin yaitu 2,5 MG 1 kali sehari dan dosis ini dapat digunakan saat pemberian kombinasi amlodipin dengan terapi antihipertensi lainnya.

Kondisi : angina stabil kronik atau angina vasospastik.

dosis yang dianjurkan adalah 5 sampai 10 mg dengan penyesuaian dosis lebih rendah pada pasien geriatri atau si lanjut dan kelainan fungsi hati tidak perlu penyesuaian dosis amlodipin pada pemberian bersamaan dengan golongan diuretik tiazid beta-blockers dan Ace  inhibitor.

Efek samping: 

Amlodipin dapat menyebabkan sakit kepala, edema, kelelahan, mual, mengantuk, sakit perut, jantung berdebar, dyspenia, 

Interaksi obat:

Amlodipin aman diberikan bersamaan dengan diuretik tiazid beta blockers Ace inhibitor long acting nitrat nitrogliserin sublingual NSAID dan hipoglikemik oral

pemberian bersamaan dengan digoxin tidak mengubah kata digoxin serum ataupun bersihan ginjal.

amlodipin tidak mempunyai efek terhadap ikatan protein dari obat-obat atau digoxin phenytoin warfarin indometasin.

Pemberian bersamaan simetidin tidak mempengaruhi farmakokinetik amlodipine.

Penyimpanan: 

Simpan di tempat yang kering dan tidak lembab ataupun terpapar sinar matahari langsung.



Comments

Popular posts from this blog

KUNCI JAWABAN SOAL FARMAKOLOGI MATERI OBAT GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN

CONTOH SOAL DAN JAWABAN FARMAKOLOGI : KELAS XI OBAT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Farmakologi - Latihan soal obat gangguan sistem saraf pusat