ANTIBIOTIK SUPER TETRA : KEGUNAAN, HARGA, EFEK SAMPING, DAN DOSIS

Super Tetra( tetrasiklin) adalah suatu antibiotik yang digunakan dalam pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri contohnya Gonore, Treponema pallidum, dan Treponema pertenuc, Haemophilus influenzae, bacillus anthracis.


Komposisi:

Tiap kapsul lunak mengandung:

Tetrasiklin HCL phosphate buffered setara dengan tetrasiklin HCL 250 mg.

Farmakologi Antibiotik tetrasiklin:

Supertetra yaitu mengandung tetrasiklin HCL phosphate buffered mempunyai mekanisme kerja yaitu dengan cara menghambat jalan sintesa protein kuman

Khasiat:

-super tetra merupakan antibiotik pilihan utama yang digunakan mengobati infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme sebagai berikut: vibrio cholera, vibrio Fetus, Haemophilus ducreyi, mycoplasma pneumonia, semua jenis rickettsia, borrelia SPP., Chlamydia , dan brucella SPP.

-Super tetra merupakan obat alternatif Line yang di samping penisilin untuk infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti gonore treponema pallidium treponema pertenuc haemophilus influenza bacillus anthracis.

-Super tetra tidak untuk batuk kering atau mengobati batuk pilek.


Dosis antibiotik tetrasiklin

pemberian antibiotik tetrasiklin ini dilakukan 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.

Untuk dosis lazim pada orang dewasa: 1-2kapsul setiap 6 jam ( 2×sehari)

Untuk dosis lazim pada anak-anak usia >8 tahun: 25 sampai 50 mg per kilo berat badan per hari dalam dosis terbagi setiap 6 jam.


Perhatian sebelum menggunakan antibiotik tetrasiklin!!!:

penggunaan antibiotik tetrasiklin pada penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal wanita hamil dan selama menyusui maupun anak-anak di usia dibawah 8 tahun tidak dianjurkan.

penggunaan jangka lama dapat berakibat timbulnya superinfeksi karena pertumbuhan mikroorganisme yang mengalami resistensi terhadap anti infeksi atau antibiotik.

Efek samping antibiotik tetrasiklin atau super tetra:

Mual muntah, rash pada kulit, urtikaria, dan nyeri pada bagian ulu hati,

Interaksi obat tetrasiklin:

pemakaian tetrasiklin bersamaan dengan preparat yang mengandung kalsium atau magnesium aluminium dan susu tidak dianjurkan karena kation divalen dan polivalen dapat membentuk called dengan tetrasiklin serta menghambat penyerapan nya.

Comments

Popular posts from this blog

KUNCI JAWABAN SOAL FARMAKOLOGI MATERI OBAT GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN

CONTOH SOAL DAN JAWABAN FARMAKOLOGI : KELAS XI OBAT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Farmakologi - Latihan soal obat gangguan sistem saraf pusat